Dec 2014
01

PERHARGAAN BHAKTI KOPERASI UNTUK KABUPATEN BANJAR

  Berita      Administrator

PERHARGAAN BHAKTI KOPERASI UNTUK KABUPATEN BANJAR

Bupati Banjar Sultan H. Khairul Saleh termasuk dari 46 Bupati dan Walikota se Indonesia yang menerima penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM, sebagai orang yang dinilai memiliki dedikasi dan komitmen untuk mendorong perkembangan koperasi dan UKM di Indonesia, dari Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia DR Sjarifuddin Hasan MM MB, Jumat (12/7), pada acara Puncak peringatan Hari Koperasi ke-66 di Halaman Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat Mataram.

Penghargaan penggerak koperasi tingkat nasional, yang diraih oleh satu-satunya kepala daerah di Provinsi Kalimantan Selatan itu, bukti dari keberhasilan Pemerintah Kabupaten Banjar dalam membina dan memajukan perkoperasian dan usaha kecil menengah, dalam rangka menumbuh kembangkan prekonomian dan kesejahteran masyarakat dengan peran koperasi itu sendiri.

Dasar pertimbangan penerimaan penghargaan dibidang koperasi dari Pemerintah Pusat tersebut, karena dinilai gerakan koperasi di Kabupaten Banjar telah menunjukkan beberapa kemajuan ditinjau dari aspek kelembagaan, pengembangan kinerja dan konstribusi terhadap pembangunan daerah.

Bupati Banjar Sultan H. Khairul Saleh yang diwawancarai wartawan, usai menerima penghargaan Penggerak Koperasi tingkat kabupaten/kota tahun 2013, menyebutkan, penghargaan dibidang koperasi yang diterimanya, merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi masyarakat Kabupaten Banjar terutama insan perkoperasian.
Karena dari kebijakan pemerintah daerah yang melakukan pembinaan koperasi yang berkelanjutan dan menjadikan koperasi sebagai pilar dan lokomotif prekonomian masyarakat di Kota Serambi Mekkah.

Orang nomor satu di Kabupaten Banjar tersebut mengungkapkan, kebijakan untuk memberikan kesempatan kepada koperasi dalam pengelolaan sektor usaha yang dikuasai oleh pemerintah daerah dan mengikutsertakan koperasi sebagai rekanan dalam pengadaan barang dan jasa serta menginstruksikan kepada dinas terkait (pertanian dan perkebunan) agar mengutamakan penyaluran pupuk bersubsidi melalui koperasi. Bupati mengharapkan dalam mengembangkan koperasi, pengurus koperasi harus berkarekter jujur, sosial dan punya komitmen terhadap koperasi itu sendiri sebagai badan ekonomi yang berwatak sosial.

Mereka tidak mengejar keuntungan yang sebesar-besarnya dalam ekonomi, tetapi bagaimana kesejahteraan anggota. "Berkat upaya dan pembinaan yang telah dilakukan selama ini, maka kita mendapatkan penghargaan Penggerak Koperasi tingkat nasional dari Menteri Negara Koperasi dan UKM RI, atas keberhasilan kita dalam melakukan pembinaan dan memberdayakan ekonomi rakyat melalui kelompok usaha bersama, yang diharapkan nanti menjadi cikal bakal koperasi" ujarnya.

Dia menambahkan, peran koperasi di Kabupaten Banjar yang telah memberikan kontribusi yang besar membantu tugas pemerintah, sangat erat kaitannya dengan visi-misi Kabupaten 2010-2015, terutama dalam muwujudkan masyarakat Kabupaten Banjar yang sejahtera, mandiri dan islami.

Sumber : http://syahminan.blogspot.com/2013/07/bupati-banjar-terima-penghargaan-bakti.html